ARSITEKTUR KOMPUTER
A. Penjelasan tentang ARSITEKTUR KOMPUTER
arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biaya.
Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoprasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer.
Asitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh john von neumann [1903-1957]. Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
B. 3 sub-kategori arsitektur komputer
Arsitektur komputer ini mengandung 3
(tiga) sub-kategori, diantaranya meliputi:
- Set intruksi (ISA).
- Arsitektur mikro dari ISA, dan juga
- Sistem desain dari semua atau seluruh komponen
dalam perangkat keras (hardware) komputer ini.
Arsitektur Komputer yaitu desain
komputer yang meliputi:
- Set instruksi.
- Komponen hardware (perangkat keras).
- Organisasi atau susunan sistemnya.
Bentuk komputer PC
C. 2 bagian utama arsitektur komputer
Terdapat 2 (dua) bagian pokok arsitektur komputer:
- Instructure Set Architecture, adalah spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer,
- Hardware System Architecture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu CPU, Memori, Serta OS.
D. Inilah cara melakukan perubahan pada
arsitektur komputer
Cara-cara untuk melakukan perubahan pada
arsitektur, yaitu seperti:
- Membangun array prosesor.
- Menerapkan proses pipelining.
- Membangun komputer multiprosesor.
- Membangun komputer dengan arsitektur yang lain.
Terdapat beberapa atribut yang dipakai untuk mengukur kualitas komputer, diantaranya :
- Generalitas.
- Applicability (daya Terap).
- Efisien
- Kemudahan Penggunaan atau Pemakaian.
- Daya Tempa (Maleability).
- Dan daya kembang (Expandibility).
Terdapat fakto-faktor yang dapat berpengaruh pada keberhasilan arsitektur komputer, 3 (tiga) diantaranya adalah:
1. Yang pertama manfaat Arsitektural diantaranya yaitu:
- Aplicability.
- Maleability.
- Expandibility.
- Comptible.
Yaitu untuk mengukur kinerja dari sistem, ada serangkaian program yang standard yang dijalankan yang dapat disebut Benhmark pada komputer yang akan diuji ukuran kinerja CPU:
- MIPS (Million Instruction PerSecond)
- MFLOP (Million Floating Point PerSecond)
- VUP (VAX Unit of Performance)
- SIstem Operasi Bandwith
- Operasi I/O Perdetik
- Memori Bandwith.
- Waktu Akses Memori.
- Ukuran Memori.
- Reliabilitas.
- Kemudahan perbaikan.
- Konsumsi Daya.
- Berat.
- Kekebalan.
- Interface Sistem Software.
Sampai disini saja artikel/postingan mengenai pengertian arsitektur komputer, semoga dapat membantu teman-teman untuk memahaminya....
0 komentar:
Posting Komentar